Jumat, 15 Januari 2016

Isuzu Panther Irit tak tertandingi


Kelebihan lain dari Isuzu Panther


adalah mampu mengangkut banyak penumpang dan barang, untuk kapasitas penumpang saja mampu diisi 9 orang termasuk supir, jadi cukup cocok dengan karakter orang Indonesia yang suka bepergian bareng keluarganya. Dan mobil Panther ini didesain cocok dengan iklim dan tipografi Indonesia sehingga mobil ini cukup mampu bertahan hingga sekarang.
Diproduksi pertama kali pada tahun 1991, Isuzu panther sudah memiliki 4 generasi hingga sekarang. Tak heran Isuzu Panther masih mendapat tempat dihati para penggemarnya. Generasi Isuzu Panther pertama tahun 1991 hingga 1996, generasi kedua tahun 1996-2000, generasi ketiga tahun 2000-2005, dan generasi keempat 2005-sekarang. Berikut penjelasan tiap generasinya

Generasi Isuzu Panther pertama Ini adalah generasi awal dari Isuzu Panther yang hadir di Indonesia dengan kode produksi TBR-52, diproduksi tahun 1991 hingga 1996. Memiliki mesin berkode c223 berkapasitas mesin 2238 cc OHV dengan teknologi indirect injection. Mampu menghasilkan tenaga hingga 58 dk pada putaran mesin 4500 Rpm. Ada 4 tipe dari Panther generari pertama yakni tipe Hi Grade (tipe tertinggi saat itu), Royale, Total Assy (Deluxe), dan Standart (tipe terendah).


Generasi Isuzu Panther Kedua
Pada generasi ini, terjadi penyempurnaan dari generasi sebelumnya yakni peningkatan tenaga mesin dari peubahan bodi yang lebih dinamis, dengan kode produksi TBR-54. Panther generasi kedua ini mempunyai kapasitas mesin 2500 cc OHV dengan direct Injection. Mesin berkode 4ja1 ini mempunyai tenaga jauh yang lebih meningkat dari panther sebelumnya yakni 86 dk pada putaran mesin 3900rpm. Ada lebih banyak tipe dari generasi panther kedua ini yakni tipe Standar (tipe terendah), Deluxe (1996-1998), Royal (1996-1998), Grand Royal (1996-1997), New Royal (1997-2001), Hi sporty (1996-2000), Hi-grade (1996-1997), dan New Hi-grade ( 1997-2001) yang merupakan tipe tertinggi.
Pada generasi kedua ini merupakan generasi keemasan dari Isuzu Panther, Karena mempunyai keunggulan dibanding rivalnya. Dan banyak yang mengatakan bahwa generasi kedua ini adalah produksi terbaik dari Isuzu Panther. Jadi tidak heran banyak yang masih mencarinya hingga kini, da hargajualnya pun cukup tinggi untuk mobil keluaran tahun 90an akhir.


Generasi Isuzu Panther Ketiga
Generasi ini diperkenalkan sebelum generasi kedua dihentikan produksinya sekitar tahun 2000. Untuk mesin sebenarnya tidak terlalu ada perubahan dari Panther generasi kedua karena Isuzu masih mengakui kehandalan dari mesin generasi kedua yang berkode 4ja1 2500 cc OHV direct Injection. Hanya saja terjadi perubahan bodi yang cukup signifikan, jika generasi sebelumnya Isuzu panther masih berbentuk agak kotak, maka pada generasi ketiga ini bentuk kotak tersebut sedikit dihilangkan, jadi berkesan lebih dinamis dan modern. Namun masih tetap mempunyai ciri khas Isuzu Panther pada lampu depannya.

Untuk tipe dari generasi ketiga ini meliputi SM (smart short), LM (smart long), SV, LV, SS, LS, Touring, dan Grand Touring. Urutan tersbut dari tipe terendah hingga tipe tertinggi.
Sayangnya mulai generasi ketiga ini kedigdayaan Isuzu Panther mulai tergerus. Karena hadirnya jenis mobil MPV lain yang lebih kecil dan modern, serta berharga murah. Kala itu pertama kalinya hadir duet maut Avanza-Xenia yang berharga murah, sehingga tidak perlu waktu lama kedua mobil tersebut merajai segmen MPV. Disamping itu mesin diesel kala itu mulai ditinggalkan karena tidak ramah lingkungan dan berasap hitam. Dan banyak konsumen yang mengeluhkan panther generasi ketiga ini ringkih tidak sekuat generasi kedua

Generasi Isuzu Panther adalah Keempat.
Tak ingin beranjak dari pasar MPV Isuzu panther terus melakukan perubahan agar tetap mendapat tempat dimasyarakat Indonesia. Lahirlah generasi keempat Isuzu Panther yang merupakan facelift dari generasi ketiga pada tahun 2005. Untuk mesin masih menggunakan dengan generasi sebelumnya, hanya saja untuk beberapa tipe menggunakan mesin baru diberi turbo agar lebih ramah lingkungan dan sesuai dengan standart EURO.
Desain lampu denpan, beserta grill mengalam sedikit perombakan dan berkesan lebih macho dan modern. Selain itu interiornya juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Berikut tipe Isuzu panther dari generasi keempat mulai dari tipe terendah Smart FF, Smart, LV FF, LV, LS Turbo, Touring, dan Grand Touring.

Dan kabar yang beredar, saat ini Isuzu sedang menggodok pengganti Isuzu Panther ini. Dan dari bocoran yang ada Isuzu berencana memboyong Isuzu MU-7. tetapi masih belum ada keterangan resmi dari Pihak Isuzu mengenai hal ini. Kita tunggu saja kabar selanjutnya agar panther mendapat penerus yang lebih legendaries.



sumber: promoisuzu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar